Pages

Subscribe:

Rabu, 21 Maret 2012

Blackhole 21 kali ukuran matahari

Mereka besar. Mereka lubang hitam, berbentuk lipatan, benda kosmis dengan gravitasi yang beruang-ruang hampa berkekuatan besar bahkan seberkas cahaya yang mengembara terlalu dekat akan tersedot dalam, tidak pernah muncul. Teori Einstein relativitas umum memprediksi mereka mungkin ada, tetapi fisikawan besar sendiri meragukan itu benar-benar akan terjadi.Einstein adalah salah. Selama dekade terakhir atau dua, lubang hitam telah ditemukan di semua tempat - yang kecil dibumbui sekitar Bima Sakti dan yang besar, mengesankan disebut "supermasif" lubang hitam, bersembunyi pusat galaksi. Yang pada inti Bima Sakti beratnya sebanyak beberapa juta bintang, dan itu bisa menelan matahari bahkan tanpa menyadarinya, cara Anda akan menelan sebuah pistachio. (Lihat cerita ruang atas 10 tahun 2011.)Tapi itu positif lemah dibandingkan dengan dua lubang hitam baru, masing-masing sekitar 330 juta tahun cahaya atau lebih, hanya mengumumkan di jurnal Nature. Yang lebih kecil, terletak di dalam sebuah galaksi NGC 3842 yang dikenal sebagai, adalah sebagai besar sebagai 9,7 miliar matahari, dan yang lainnya, di sebuah galaksi yang disebut NGC 4889, lebih dari dua kali lebih besar: jika Anda menempatkannya pada keseimbangan yang sangat besar, akan mengambil setidaknya 21 miliar bintang bahkan hal-hal keluar. Cara lain untuk berpikir tentang hal-hal: bahkan lebih kecil dari dua hampir 30% lebih besar dari pemegang rekor sebelumnya, mengumumkan musim dingin lalu, dan akan membuat untuk alur cerita yang bagus jika para astronom terkejut, kagum, terperangah, terpesona oleh mengagumkan giganticness monster ini. Sejujurnya, meskipun, mereka diharapkan semacam itu. "Jika kita menyimpulkan adanya lubang Quasar hitam sepuluh miliar kali massa matahari pada waktu kosmik awal," kata Harvard teori Avi Loeb Alam Ron Cowen untuk blog berita online jurnal, "kita lebih baik mencari rekan-rekan mereka di alam semesta masa kini . "Loeb adalah mengacu pada quasar - beacon cahaya yang sangat terang sehingga mereka dapat dilihat setengah di seluruh alam semesta. Ketika para astronom pertama kali melihat mereka di akhir 1950-an, tak ada yang tahu apa yang mereka. Saat ini, semua orang cukup banyak setuju bahwa quasar adalah lubang hitam supermasif di inti galaksi muda. Lubang-lubang sendiri tidak terlihat, tentu saja, tapi ketika mereka mengisap di sekitar materi, barang-barang itu memanas hingga jutaan derajat, mengirimkan semburan penembakan energi di seluruh kosmos.
Kembali ketika alam semesta masih muda, ada banyak gas mengambang sekitar untuk memberi makan monster tersebut. Saat ini, sebagian besar gas hilang, dan sebagainya adalah quasar - lubang hitam tetapi mereka harus yang bertenaga, sebagai Loeb mengatakan, masih berada di sekitar (di mana mereka pergi, setelah semua?). Sekarang, berkat beberapa teleskop dunia yang paling kuat, para astronom tahu bahwa memang mereka. Sementara para ilmuwan tidak dapat melihat lubang hitam secara langsung, mereka dapat melihat bintang-bintang mengitari pada kecepatan tinggi di core dua galaksi '- dan dengan clocking kecepatan tersebut dengan hati-hati, para astronom dapat menghitung seberapa besar dan seberapa padat objek yang mengorbit mereka harus akan. Dalam setiap kasus ini, apa-apa kecuali sebuah lubang hitam supermasif sesuai tagihan.
Pengamatan secara teknis sulit, sehingga dalam satu arti lubang hitam terbaru penemuan yang luar biasa. Namun, para astronom berharap menemukan hal-hal seperti selama ini, jadi mungkin tidak tampak seperti seperti masalah besar bagi pakar ruang angkasa. Memang, Martin Rees, ahli astronomi kerajaan Inggris, dijuluki hasil baru "langkah tambahan" dalam New York Times, dengan nary kata tentang syok atau kagum. Jika Anda punya minat profesional dalam bagaimana lubang hitam lahir dan bagaimana mereka berevolusi, ini adalah gandum lebih untuk pabrik.

0 komentar:

Posting Komentar